Friday, March 4, 2011

Tentang Noise Generator

Beberapa orang mungkin salah mengira tentang alat yang selalu kami pakai ketika live, ada yang berpikiran alat ini merupakan MIDINES hanya karena bentuknya yang memang Nintendo. Tetapi perlu ditekankan disini bahkan MIDINES itu tidak berbentuk seperti Nintendo. MIDINES merupakan sebuah chip yang diinstall ke dalam sebuah cartridge atau kaset game Nintendo (lebih jelasnya lihat gambar dibawah).

MIDINES 1.1

Sedangkan alat yang kami pakai pada dasarnya merupakan sebuah instalasi sirkuit yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan bebunyian yang cukup annoying dan memekakan telinga, teknik modifikasi ini biasa disebut circuit bending. Vasco Noise Generator merupakan sebuah karya circuit bending yang dibuat oleh teman-teman dari Vasco Labs, salah satu wadah yang memang concern terhadap ciruit bending dan custom equipment. Saya pertama kali mengetahui keberadaan Vasco Labs ketika mereka membuat circuit bending pertamanya, mereka menamakannya GunSynth. Sayangnya ketika saya mengontak mereka untuk memesan alat tersebut ternyata beberapa part yang digunakan di GunSynth sudah tidak dapat ditemukan yang mengakibatkan produksinya pun menjadi terbatas.

Tak berapa lama saya kembali dikontak oleh Erwin yang juga merupakan salah satu orang dibalik Vasco Labs dan Stand By Emulator bahwa mereka baru saja membuat suatu alat yang ketika itu ia menyebutnya sebagai generator suara yang menghasilkan bebunyian selayaknya efek suara di film-film sci-fi. Setelah melihat previewnya di youtube saya langsung memesan. Dua minggu setelahnya alat tersebut sudah ada ditangan saya, kaget merupakan ekspresi saya pertama kali melihatnya karena tampilannya yang mengambil casing Nintendo, lain dari dummy yang saya lihat di video. Tampilannya yang seperti Nintendo tersebut menjadi nilai tambah tersendiri bagi saya dan hingga sekarang saya belum melihat lagi Noise Generator seperti yang saya punya dipakai oleh orang lain (mungkin Vasco Labs memang khusus membuatnya untuk BMB, kaya signature series gitu, ya kali aja disponsorin :p). Yeah whatever, yang pasti alat tersebut masih sehat hingga sekarang, dan itu sudah sekitar 3 tahun dari pertama kali alat tersebut dibuat. Saya dan Iqbal biasa memadukan generator suara tersebut dengan fx stompbox untuk menghasilkan suara yang lebih harsh dan kasar, itulah kenapa kini kami menyebutnya Noise Generator. (tahu88)


Vasco Noise Generator (atas)

*Kunjungi laman web Vasco Labs di http://www.vascolabs.com

No comments:

Post a Comment